sponsor

sponsor
startup game online terpercaya POKERAKU

Slider

Cari Blog Ini

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Recent Post

Business

Technology

Life & style

gosip & selebriti

Games

Indonesia

» » penyebab batu ginjal

batu ginjal
penyebab batu ginjal


pokeraku - Pola makan yang buruk membuat kita tidak sehat.

Salah satu organ tubuh yang paling penting ginjal yang merupakan tempat disaringnya racun dan bahan berbahaya lainnya yang masuk dalam tubuh. Ketika makanan yang kamu konsumsi berisi banyak racun, maka racun ini akan mengendap di ginjal dan lama-kelamaan membentuk penyakit batu ginjal
Untuk menjaga agar ginjal kita tetap berfungsi dengan baik dan benar maka hindarilah secara berlebihan mengkonsumsi makanan ini

Berikut makanan yang bisa memperburuk ginjal :

1. Bayam


Berdasarkan Dr Deepshikha Agarwal, seorang ahli nutrisi dan diet di India, penderita batu ginjal sebaiknya menghindari mengonsumsi bayam. Bayam mengandung oxalate yang bisa mengikat kalsium dan membentuk kristal kalsium oxalate atau batu ketika ginjal memproduksi urine.

2. Tomat


Tomat juga sayuran yang mengandung banyak oxalate. Tomat biasanya dikonsumsi secara langsung atau terkandung dalam masakan.

3. Cokelat


Suka cokelat? Jika kamu bermasalah dengan batu ginjal, cokelat adalah pantangan terbesar. Cokelat juga diketahui mengandung oxalate yang bisa membuat keadaan ginjal semakin parah akibat batu ginjal.

4. Teh


Teh memang merupakan salah satu minuman sehat yang kaya manfaat untuk kesehatan. Namun jika kamu menderita batu ginjal, sebaiknya hindari minum teh. Minum teh akan membuat batu ginjal semakin membesar dan menyebabkan berbagai macam komplikasi.

5. Makanan laut


Orang yang memiliki batu ginjal sebaiknya berhati-hati saat makan makanan laut. Beberapa makanan laut banyak mengandung zat bernama purines. Purines dalam tubuh bisa meningkatkan produksi asam urat yang pada gilirannya memicu terbentuknya batu asam urat.

6. Makanan asin


Mengonsumsi terlalu banyak saja sudah tak baik untuk kesehatan orang yang normal, apalagi orang yang bermasalah dengan batu ginjal. Sangat penting untuk membatasi konsumsi garam dan makanan asin setiap harinya.

Ini karena garam mengandung sodium yang menyebabkan terlalu banyaknya pengeluaran kalsium pada urine yang diolah oleh ginjal. Dan kelebihan kalsium ini akan mengikat oxalate yang ada dalam makanan untuk kemudian menyebabkan pembentukan batu ginjal. Karena itu, sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung garam.

Selain makanan di atas, juga hindari makanan lain seperti jambu, kacang tanah, ubi jalar, dan buah bit. Gantikan makanan-makanan tersebut dengan makanan dan minuman lain yang lebih sehat seperti air mineral, jus lemon, air kelapa, dan makanan lainnya yang bisa mencegah terbentuknya batu ginjal.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.