sponsor

sponsor
startup game online terpercaya POKERAKU

Slider

Cari Blog Ini

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Recent Post

Business

Technology

Life & style

gosip & selebriti

Games

Indonesia

» » jerawat bukan masalah lagi

jerawat
jerawat bukan masalah lagi


pokeraku - Jerawat merupakan momok bagi kaum hawa

Tapi jangan takut kenali dulu jenis jerawatnya agar dapat mengetahui cara penangannya
Sebenarnya jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebih produksi kelenjar minyak yang mengakibatkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit.
Jerawat tidak selalu muncul karena kotor, tetapi bisa juga disebabkan faktor dari dalam tubuh.

Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit yang berkolaborasi dengan bakteri sehingga timbul jerawat.

Berikut cara mengobati jerawat membandel :

1. Jerawat Batu

Jerawat batu atau jerawat kistik terbentuk di lapisan kulit yang lebih dalam. Penyebab timbulnya jerawat batu yakni penyumbatan pori oleh sel kulit mati yang dibarengi dengan infeksi bakteri. Karena itu timbul benjolan merah besar, bertekstur lunak karena berisi bernanah, dan sakit saat disentuh.

Jerawat batu dapat menimbulkan peradangan karena infeksi bakteri. Ingat, jerawat ini dapat meninggalkan bekas luka.

2. Pustula

Pustula adalah benjolan yang berisi cairan atau nanah pada kulit yang merupakan hasil dari infeksi bakteri di pori-pori. Tingkat keparahan jerawat pustula tergantung pada berapa banyak dan seberapa cepat jerawat terbentuk. Pustula ukuran kecil akan berkurang secara alami dan dapat diobati dengan produk yang mengandung asam salisilat.

3. Papula

Jenis jerawat berikutnya yakni papula. Papula biasanya muncul dalam bentuk benjolan kecil berwarna merah pada kulit. Benjolan ini biasanya berkelompok dan bisa bikin sakit.

Jerawat ini bisa diobati dengan obat-obatan seperti antibiotik atau perawatan topikal seperti tretinoin, dan retinol.

4. Mechanica

Jerawat mechanica timbul akibat dari panas dan gesekan. Selain itu, tekanan terhadap kulit, pemakaian pakaian olahraga basah yang memicu peningkatan iritasi, dan kelebihan minyak juga dapat menyebabkan jerawat mechanica.
Jerawat jenis ini disebut sports-induced acne karena kerap terjadi pada atlet. Untuk mencegah jerawat mechanica yakni segera mandi usai berolahraga atau berkeringat.

Cara mengatasinya bisa dengan produk berbasis peroksida benzoyl dan asam glikolat agar dapat melakukan exofiliate dan mencegah jerawat sebelum mulai muncul.

5. Blackhead

Jerawat ini biasa disebut komedo. Komedo disebabkan oleh pori-pori tersumbat dan produksi minyak berlebih karena perubahan hormon.

Untuk mengatasinya, bisa dengan penggunaan retinol atau obat dengan efek yang lebih kuat, seperti retinoid.

6. Whitehead

Jerawat whitehead terjadi ketika lapisan tipis kulit menutupi pori-pori dengan sel kulit mati atau kotoran, menciptakan gumpalan bulat putih pada kulit. Jerawat jenis ini disebabkan minyak, sel kulit mati, dan perubahan hormonal.

Namun ingat, jangan memencet jerawat ini. Karena akan menyebarkan bakteri penyebab jerawat. Disarankan menjaga area di sekitarnya bebas dari bakteri dan sel kulit mati. Sebab jerawat whitehead secara alami hilang sekitar satu minggu.

Jika jerawat tidak hilang, cuci wajah di pagi dan malam hari dengan pembersih wajah yang mengandung salisilat dan asam glikolat.

7. Jerawat Fulminans

Jenis jerawat ini merupakan bentuk langka jerawat kistik yang parah dan sering terjadi pada remaja laki-laki. Jerawat ini ditandai oleh nodul dengan radang yang parah dan plak dengan luka terbuka yang melibatkan dada, punggung, dan wajah.

Untuk penanganan jerawat ini dibutuhkan steroid sistemik oral, isotretinoin, dan obat sistemik lainnya. Dari cara penanganan jerawat di atas, jika belum sembuh dan ragu, segeralah ke dokter kulit.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.